Penyebab Kaki Bengkak Ketika Hamil dan Tips Mengatasinya

Akan menjadi ibu dan bapak baru merupakan momen yang sangat membahagiakan dalam kehidupan setiap pasangan. Dimana masa itu akan terlahir buah hati ke dunia sebagai pelengkap kebahagiaan Anda dan pasangan. Tetapi untuk sampai pada tahapan tersebut tidaklah mudah, ada banyak sekali hal yang dirasakan. Sebelumnya proses kehamilan, banyak keluhan yang dikeluarkan karena berbagai masalah. Misalnya saja sulitnya tidur, seringnya sesak, nyeri pada bagian pinggang sampai dengan kaki yang membengkak. Nah, sampai saat ini banyak perempuan hamil yang belum paham apa penyebab kaki bengkak tersebut.

Kaki Bengkak Ketika Hamil

Pada perempuan hamil bengkak menjadi salah satu hal yang sangat umum sekali terjadi, umumnya pada trimester kedua atau awal dari trimester ketiga. Bisa dikatakan hampir 75% perempuan hamil mengalami keluhan yang satu ini, mulai dari tingkatan yang biasa sampai dengan yang paling berat sekalipun. Jangan khawatir, karena itu hal yang wajar pasti banyak faktor pula yang dapat mempengaruhi pembengkakan tersebut. Tumbuh yang memproduksi dan menahan cairan lebih pada saat kehamilan bisa menjadi alasannya.

Selain itu, rahim yang bertambah besar sehingga menekan bagian pembuluh darah dan mengganggu aliran darah untuk balik menuju jantung. Dari masalah itu bisa menjadi penyebab pembengkakan pada bagian tungkai, pergelangan kaki, sampai dengan bagian kaki. Perubahan hormon pada wanita hamil ternyata juga mempunyai peran penting sebagai pemicu kaki bengkak pada saat kehamilan. Umumnya hal itu bisa membaik ketika dilakukan istirahat cukup dengan melakukan gerakan yang dapat membuat aliran darah lancar kembali, jadi Anda yang mengalami itu tidak perlu khawatir.

Sampai dengan saat ini kaki membengkak ketika hamil memang masih dianggap normal saja, tetapi memang ada beberapa kondisi khusus yang membuat Anda harus melakukan pemeriksaan atau minimal berkonsultasi pada dokter spesialis tertentu. Beberapa penyebab kaki bengkak dan ada pada kondisi tertentu harus melakukan periksakan dokter seperti:

1. Bengkak yang tiba-tiba

Meskipun umumnya pembengkakan hanya terjadi pada bagian kaki, tetapi tidak menutup kemungkinan pula hal itu terjadi pada bagian tubuh lain seperti pada tangan, muka ataupun yang lainnya. Nah, jika Anda salah satu orang yang mengalami masalah atau kondisi seperti ini lebih baik segera lakukan pemeriksaan pada dokter ahli.

2. Bengkak pada salah satu kaki

Ini juga merupakan salah satu hal yang cukup sering terjadi pada wanita, dimana terjadi pembengkakan tetapi hanya pada sebagian kaki saja. Bila hal itu tidak segera diatasi dengan baik akan memperparah kondisi kesehatan Anda bahkan bisa mengancam nyawa ibu dan janin.

Sebagai calon ibu atau orang tua memang harus lebih banyak belajar berbagai hal mengenai kehamilan, mulai dari minggu pertama sampai dengan minggu terakhir mendekati persalinan. Bila memang masih terbilang wajar dan tidak mengalami kondisi khusus, Anda bisa melakukan beberapa cara untuk meminimalisir seperti hindari berdiri yang terlalu lama, berbaring dengan ke kiri, konsumsi mineral yang cukup sampai dengan rendam kaki pada air.

Beberapa cara diatas memang tidak bisa langsung menghilangkan pembengkakan yang terjadi pada kaki saat hamil. Tetapi paling tidak dapat membantu masalah Anda tersebut dengan sedikit mengurangi. Yang paling penting dalam kehamilan adalah tetap lakukan pemeriksaan jika memang ada kondisi khusus yang harus diperhatikan. Seperti penyebab kaki bengkak yang pada dasarnya memang wajar tetapi ada beberapa kondisi khusus yang mengharuskan Anda untuk melakukan pemeriksaan pada dokter ahli.

0 Response to "Penyebab Kaki Bengkak Ketika Hamil dan Tips Mengatasinya"

Posting Komentar