Daya AC Samsung 1 PK

Udara semakin hari semakin memanas. Saat siang hari kita keluar rumah, panas sinar matahari terasa menyengat. Begitu pula saat sedang berada di dalam ruangan, suasana gerah dan panas sangat terasa hingga tak terasa keringat bercucuran. Tak hanya di siang hari saja, udara yang terasa saat malam hari juga berbeda. Bisa dibilang tidak sesegar udara beberapa waktu lalu. Angin sepoi-sepoi sudah jarang berhembus dan masuk ke ventilasi rumah. Alhasil, tidur pun menjadi kurang nyenyak.


Karena alasan tersebut di atas, banyak orang yang menggunakan alat elektronik berupa Air Conditioner (AC) pada ruangan tertentu di rumah mereka. AC berguna untuk mengatur suhu udara pada ruangan, sehingga udara menjadi sejuk dan segar.

Namun, ada beberapa orang yang masih ragu untuk menggunakan AC dengan alasan AC cenderung akan membuat listrik naik hingga berkali lipat dari sebelumnya. Benar saja, semakin banyak barang elektronik digunakan di dalam rumah maka konsumsi daya listrik akan semakin bertambah. Terutama untuk barang elektronik yang satu ini, dimana pada umumnya AC memang memerlukan pasokan listrik yang tak sedikit.

Walaupun demikian, bukan berarti saat menggunakan AC maka konsumsi listrik anda akan melonjak luar biasa hingga mencekik pengeluaran akan listrik. Asalkan anda bijak dalam menggunakan AC, anda tak perlu khawatir tentang semua itu.

Untuk mengetahui kapasitas AC dapat diukur berdasarkan besaran PK (paard kracht). PK merupakan ukuran kekuatan kompresor yang menghasilkan besaran sumber daya dalam satuan British Thermal Unit (BTU) untuk mengubah suhu udara. Jadi, semakin besar BTU yang diperlukan maka akan semakin tinggi kebutuhan PK AC, begitu pula sebaliknya. Sedangkan untuk besarnya BTU tergantung dari luas ruangan. Semakin luas ruangan yang diberi AC maka semakin tinggi pula BTU yang diperlukan untuk mengatur suhu.

Saat ini tersedia banyak AC dengan kapasitas PK yang berbeda-beda. Ada AC yang menyediakan kapasitas 0,5 PK dengan daya 400 watt, 1 PK berdaya 840 watt, 1,5 PK berdaya 1170 watt, 2 PK berdaya 1920 watt, hingga 2,5 PK berdaya 2570 watt. Dari berbagai ragam kapasitas PK tersebut, anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

AC Samsung memang merupakan AC yang cukup irit dan mampu menghemat energi. Tak ayal, banyak orang yang memilih AC merk Samsung. Ilustrasi biaya listrik yang diperlukan berdasarkan kapasitas PK misalnya untuk AC Samsung 1PK dengan daya sekitar 840 watt apabila digunakan 8 jam sehari selama 30 hari dengan biaya listrik sekitar Rp. 1.000/kwh, maka biaya listrik yang dibutuhkan selama 30 hari pemakaian AC tersebut yaitu 0.84 x 8 x 30 x 1000 = Rp. 200.000 perbulan.

Jadi, biaya listrik yang akan dikeluarkan untuk pemakaian AC Samsung dengan daya 1 PK adalah sekitar Rp. 200.000,-. Dengan mengetahui biaya tersebut, maka dapat menyadarkan kita tentang pengeluaran terhadap biaya listrik saat menggunakan AC. Alhasil, kita akan lebih bijak dalam menggunakan barang elektronik ini.

0 Response to "Daya AC Samsung 1 PK"

Posting Komentar