Macam-Macam Teknik Sablon untuk Kualitas Print Kaos Unggulan

Hampir semua orang, baik pria ataupun wanita pasti familiar dengan yang namanya kaos. Mereka kebanyakan menyukai kaos polos, tapi juga ada yang menyukai model sablon. Bila kamu suka kaos bermodel sablon, ada banyak teknik sablon yang bisa menghasilkan print kaos kualitas terbaik. Seperti apa teknik tersebut?

Teknik Sablon


1. Direct to Garment (DTG)
Salah satu teknik sablon yang populer adalah Direct to Garment yang sudah modern dengan memanfaatkan printer inkjek dan tinta khusus tekstil. Sehingga menghasilkan sablon dengan kualitas tinggi. Pada teknik ini, gambar yang dihasilkan pada kaos bisa full color serta pengerjaan juga cepat. Hasil cetakan juga tajam dan bisa bertahan lama.

Selain itu, ukuran maksimal desain yang kamu inginkan bisa mencapai A3. Lagipula, pengerjaan menggunakan teknik ini bisa mencetak satuan ataupun dalam jumlah yang banyak. Tergantung keperluan kamu.

2. Teknik Digital
Selanjutnya ada teknik digital. Teknik ini lebih sering disebut dengan teknik sablon kaos digital yang menggunakan mesin hotpress dan transfer paper untuk kemudian dicetak pada kaos. Sayangnya, pada teknik ini, kamuharus melakukan perawatan esktra pada mesinnya.

Dengan menggunakan teknik ini, kamu bisa mencetak kaos dalam jumlah sedikit sekalipun. Gambar yang dicetak juga bisa full color serta pengerjaannya juga lumayan cepat. Namun, print kaos menggunakan teknik ini sangat tergantung dengan jenis kain agar bisa bertahan lama.

3. Teknik Sablon Manual
Teknik berikutnya adalah teknik manual. Meski tidak sepopuler teknik sablon kaos secara digital dan DtG, teknik ini juga menggunakan alat-alat yang lengkap seperti printer laser, screen, dan lakel. Sayangnya, pada teknik sablon ini, hasil sablon tidak terlalu maksimal. Warnanya tak bisa penuh namun metodenya bisa divariasikan.

Biasanya, teknik ini menggunakan metode rubber, glow in the dark, pigmen, superwhite, glitter, foil atau lainnya. Teknik ini bisa kamu temukan dengan mudah di pasaran. Selain itu, ini juga termasuk sablon kaos murah yang cukup berkualitas.

4. Aplikasi Bordir
Lalu ada teknik aplikasi bordir. Teknik ini tidak menggunakan tinta, namun menggunakan jarum jahit dan benang bordir untuk membuat hiasan seperti ilustrasi, huruf maupun logo. Umumnya, sablon ini diaplikasikan pada bahan katun maupun denim ataupun kaos dengan pori yang besar.

Pengerjaan bordir ini cukup cepat dan presisi. Selain itu, juga cocok untuk diproduksi secara masal. Meski begitu, harganya jauh lebih mahal dibanding teknik yang lain serta cocok untuk produksi yang sedikit.

Bagaimana, sudah menentukan teknik sablon yang mana untuk kamu? Jika sudah, sekarang tinggal mencari jasa sablon kaos yang bagus. Kamu bisa mencoba menyablon kaos kamu di Custom.co.id yang kuantitasnya bisa sesuai keinginan kamu. Selain itu, kamu juga bisa mendesain sendiri sablon kaos kamu.

0 Response to "Macam-Macam Teknik Sablon untuk Kualitas Print Kaos Unggulan"

Posting Komentar