Perlu Tahu! Kandungan dalam Vitamin Kucing dan Manfaatnya bagi Kucing

Memiliki kucing yang lucu dan tumbuh dengan baik tentu impian semua pecinta dan pemelihara kucing. Akan tetapi, asupan pokok berupa makanan dan minuman bergizi saja belum cukup. Oleh karena itu, Anda perlu memberi kucing anda vitamin agar hewan kesayangan Anda tersebut bisa tumbuh dengan baik dan fisik yang berstamina.

Anak Kucing

Vitamin maupun suplemen kucing memang tidak dibutuhkan dalam jumlah banyak, tapi perannya sangat penting bagi kehidupan kucing. Kucing bertubuh kurus maupun gemuk membutuhkan asupan yang satu ini. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan kandungan yang harus ada dalam vitamin untuk kucing berikut manfaatnya untuk mereka.

Pertama, berbagai vitamin dasar, yaitu A, B kompleks, D, E, dan K. Vitamin A sangat penting dalam mengurangi stres maupun rasa tegang berlebihan. Sistem saraf dan indera penglihatannya pun bisa semakin tajam dengan adanya vitamin A ini.

Selanjutnya vitamin B kompleks (B1, B2, B6, dan B12) yang berperan dalam meningkatkan nafsu makan dan berat badan kucing. Jika kucing Anda memiliki masalah sistem pencernaan dalam tubuh kucing atau buang air (diare atau feses yang teralu keras), maka biotin (vitamin B6) bisa membantu mengatasi masalah ini.

Sedangkan vitamin D berfungsi menyokong pertumbuhan dan perkembangan tulangnya, terutama kucing remaja. Vitamin berikutny, yaitu E dan K, membantu Anda yang menginginkan kucing berkulit sehat dan berbulu lebat. Vitamin-vitamin tersebut juga membantu melancarkan proses regenerasi sel karena metabolismenya tidak terganggu.

Kedua, Omega 3, 6, dan 9. Ketiga Omega ini memiliki banyak manfaat bagi kucing. Di antaranya yaitu meningkatkan perkembangan otak, kecerdasaan, serta fungsi saraf (terutama saraf penglihatan). Selain itu, kanker dan jantung koroner pun bisa dicegah. Jika kucing Anda ‘pendiam’, maka nutrisi ini bisa meningkatkan vitalitasnya dan meningkatakan sistem imun.

Selain itu, kadar kolesterol jahat (LDL) berlebih dan plak artherosclerotic bisa berkurang dengan ketiga omega ini. Omega 3, 6, dan 9 juga merupakan sumber nutrisi penting bagi induk kucing yang sedang hamil berikut janinnya.

Kandungan ketiga yang harus ada dalam suplemen dan vitamin khusus kucing yaitu squalene. Zat ini mengandung interferon yang berfungsi meningkatkan jumlah dan aktivitas limfosit. Nah, keberadaan limfosit inilah yang sering dijadikan terapi alami untuk kanker. Squalene banyak ditemukan dalam minyak ikan hiu.

Manfaat lainnya dari squalene adalah menambah semangat dan vitalitas kucing. Seperti omega 3, 6, dan 9, squalene membuat kucing semakin lincah dan aktif bergerak sebagai tanda fisiknya yang sehat. Dengan mengonsumsi vitamin kucing ber-squalene, maka penyakit hati, diabetes mellitus (DM), tukak lambung, usus dua belas jari, liver, dan neuralgia bisa dicegah.

Kandungan keempat adalah minyak ikan hiu yang mempunyai efek adaptogen, yaitu tidak beracun maupun memberi efek samping. Kandungan ini bisa membuat kucing Anda tampil menawan dengan bulunya yang lebat dan warna yang tajam. Nafsu makannya juga bisa bertambah seiring meningkatkan sistem imun yang mencegahnya daru terserang penyakit.

Selain itu, jika vitamin khusus kucing yang mengandung minyak ikan hiu ini dikonsumsi kucing dewasa, maka akan membantu meningkatkan hormon reproduksinya. Manfaat lainnya dari minyak ikan hiu yaitu kulit kucing yang sehat karena pertumbuhan jamur bisa dicegah.

Kandungan terakhir adalah mineral, terutama Fe (zat besi), I (iodium), Mn (mangan), dan Mg (magnesium). Mineral-mineral ini berperan penting dalam mempercepat pemulihan setelah sakit atau pasca melahirkan pada kucing betina dewasa. Produksi air susu induk kucing juga bisa meningkat dengan adanya asupan ini.

Untuk anak kucing yang baru lahir atau terlahir dengan badan kurus, mineral berperan penting dalam meningkatkan nafsu makannya. Dengan begitu, massa tulang dan badannya bisa segera bertambah. Fisik sehat yang ditandai dengan berat badan normal bisa mendorong pertumbuhan bulu yang tebal, halus, dan lebat.

Jika tidak ingin kucing kesayangan Anda cacingan, vitamin kucing juga bisa diandalkan sebagai pencegah cacingan. Anda bisa menyajikannya secara oral dengan sedikit paksaan agar kucing Anda mau membuka mulut atau dengan mencampurkannya dalam makanan pokok, camilan kering, atau minuman kesukaannya.

0 Response to "Perlu Tahu! Kandungan dalam Vitamin Kucing dan Manfaatnya bagi Kucing"

Posting Komentar